Cara Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Hampir setiap orang pernah mengalami gangguan jerawat.

Jerawat atau acne vulgaris sering terjadi pada kaum remaja, usia 15-19 tahun pada wanita dan 17-21 tahun pada pria, tetapi kadang terjadi pada anak-anak dan wanita dewasa dalam masa menstruasi. Faktor ras dan keturunan memegang peran penting terjadinya jerawat. Hampir 80% penderita memiliki saudara kandung yang berjerawat, dan 60% penderita memiliki satu orangtua berjerawat. Selain itu, ras kuning (oriental) jarang berjerawat dibandingkan dengan orang kulit putih.

Jerawat terjadi akibat aktifnya kelenjar minyak di bawah kulit. Keaktifan ini dirangsang oleh hormon androgen (hormon pertumbuhan) yang meningkat saat seseorang dalam masa pubertas, dan kelenjar minyaknya pun sedang meningkat tinggi. Kelenjar minyak tersebut kemudian mengental menutupi selubung rambut, mendesak keluar dalam bentuk lemak kental dan disebut jerawat. Hormon androgen juga meningkat produksinya pada saat wanita menjelang menstruasi dan mereka yang menggunakan kontrasepsi hormonal. Pada kaum wanita, jerawat terjadi seminggu menjelang mentruasi.

Selain masalah kepekaan kelenjar minyak terhadap androgen, jerawat bisa dipicu oleh makanan berlemak, pemakaian kosmetika, polutan, faktor stres (emosional) dan sedikit kasus akibat masalah iklim. Pengobatan jerawat dilakukan lebih ditujukan untuk mengontrol jerawat dan membantu dalam penampilan yang lebih baik, serta menjaga terjadinya luka parut akibat peradangan. Peradangan bisa terjadi jika seseorang senang dan rajin memencet-mencet jerawatnya.

Pengobatan dilakukan dengan memberikan obat antibiotika, seperti jenis doksisiklin untuk menghambat perkembangan kuman dan mengurangi jumlah asam lemak bebas. Bagi yang kulitnya peka, dianjurkan tidak menggunakan kosmetika, terutama kosmetika yang berbahan dasar minyak tinggi.

Cara Menghindari Jerawat

1. Mencuci muka dengan air hangat 2 kali sehari

2. Jangan memakai sabun berlebihan, karena sabun bersifat komedogenik yang bisa mencetuskan jerawat

3. Jangan memegang atau memencet-mencet jerawat agar tidak terjadi peradangan

4. Hindari pemakaian kosmetika yang mengandung bahan dasar minyak, sedapat mungkin bebaskan wajah dari kosmetika jika jerawat sedang ngadat

5. Lakukan gerak badan teratur, agar metabolisme tubuh lancar dan terjadi keseimbangan hormon di dalam tubuh.

6. Jika mengobati sendiri, jerawat sudah mencapai 1 bulan dan tidak sembuh, segera hubungi dokter. Jangan menunggu terjadi peradangan yang bisa menyebabkan bopeng atau luka parut

Cara Menghilangkan Jerawat

Bahan-Bahan :

- Daun lidah buaya segar secukupnya
- Sambiloto secukupnya
- Tepung beras secukupnya

Cara Pemakaian :

- Daun lidah buaya dicuci bersih
- Lalu belah dan ambil lendirnya
- Kemudian tambahkan sambiloto yang telah dihaluskan dan tepung beras hingga membentuk adonan kental
- Olehkan pada kulit wajah dan biarkan hingga mengering
- Diamkan beberapa saat
- Setelah itu bilas dengan air hangat
- Lakukan secara rutin hingga jerawat teratasi


=====================================
>
>>>> Obat Jerawat Yang Ampuh Menghilangkan Jerawat di Wajah Secara Alami Untuk Pria dan Wanita
=====================================


This entry was posted in Cara Membersihkan Jerawat and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>